5 Profesi Kekinian Untuk Lulusan Sekolah Digital Marketing di Indonesia

sekolah digital marketing di Indonesia

Digital marketing bisa dikatakan sebagai bidang yang belum lama ada jika dibandingkan dengan bidang lain seperti IT, industri, dan lain sebagainya. Munculnya bidang ini tidak lain akibat berkembangnya dunia digital, salah satunya yaitu dengan banyaknya startup yang berdiri. Meskipun terbilang bidang baru, namun sudah banyak sekolah digital marketing di Indonesia yang memang dikhususkan untuk mempelajari pemasaran digital. Sekolah tersebut juga bisa dibilang memiliki banyak peminat karena lulusannya cukup menjanjikan. Bagi Anda yang tertarik dengan dunia digital marketing, berikut ini 5 profesi kekinian yang bisa dimasuki oleh lulusannya:

Digital Marketing Specialist

Digital marketing specialist merupakan profesi yang diisi oleh orang-orang yang dinilai ahli dalam merencanakan dan menjalankan strategi digital marketing. Mereka yang berprofesi sebagai digital marketing specialist lebih sering disebut dengan digital marketers. Adapun tugas seorang digital marketers yaitu mengatur dan juga menganalisis strategi pemasaran di dunia digital. Memasang iklan secara digital dengan Youtube ads, Google ads, ataupun social media ads memang dianggap lebih efektif dibandingkan media cetak atau papan billboard.

sekolah digital marketing di Indonesia
sekolah digital marketing di Indonesia

Social Media Specialist atau Social Media Manager

Sebagian besar pengguna internet merupakan pengguna media sosial baik itu Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Hal tersebut terbukti dengan pengguna sosial media yang diketahui telah mencapai angka 2,46 triliun jiwa yang tentu saja akan terus bertambah setiap tahun. Jadi tidak heran apabila media sosial menjadi salah satu media promosi yang penting dan efektif.

Mereka yang bekerja sebagai social media specialist atau social media manager bertugas untuk mengatur strategi dan juga memelihara pemasaran brand di media sosial secara khusus. Mereka juga bertugas untuk memeriksa serta memastikan feedback pelanggan melalui engagement di media sosial.

UX Designer

Peluang kerja lulusan sekolah digital marketing di Indonesia selanjutnya adalah UX Designer. User Experience Designer atau UX Designer sendiri merupakan orang-orang yang ahli dalam mengembangkan pengalaman pengguna. Profesi ini memiliki tugas penting untuk menciptakan desain website yang nyaman dilihat namun tetap user-friendly. UX Designer sangat dibutuhkan agar pelanggan memiliki pengalaman yang baik selama mengakses website atau aplikasi sebuah perusahaan. Hal ini termasuk ke dalam pemasaran juga karena tanpa UX Designer maka sulit untuk mendapatkan citra baik di mata calon pelanggan yang berkunjung.

SEO Analyst

Search Engine Optimization atau SEO adalah salah satu strategi pemasaran dengan cara mengoptimasi website perusahaan sehingga berada di peringkat atas mesin pencarian. Profesi SEO analyst memiliki tugas untuk mengembangkan dan mengoptimasi website sehingga lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan ketika melakukan pencarian di mesin pencarian seperti Google. Mereka yang bekerja sebagai SEO analyst dituntut untuk up to date dan bekerja mengikuti alur karena peraturan serta tren yang terus berubah.

Vlogger

Blogger memang sudah ada sejak lama, namun vlogger bisa dibilang sebagai salah satu profesi baru yang cukup kekinian. Vlogger sendiri merupakan singkatan dari video blogger. Profesi ini lebih ditujukan kepada pengguna Youtube yang aktif membuat konten video. Mereka yang bekerja menjadi vlogger mendapatkan penghasilan dari ads yang dipasang di akunnya.

Itulah 5 profesi kekinian untuk lulusan sekolah digital marketing di Indonesia. Kelima profesi di atas memberikan peran yang cukup penting dalam pemasaran di jaman digital ini sehingga pasti banyak perusahaan yang membutuhkannya. Tidak hanya bekerja di perusahaan, ilmu digital marketing juga penting untuk Anda yang memiliki bisnis sendiri, terutama bisnis startup. Siapkan diri Anda untuk menghadapi tantangan di era digital dengan ilmu yang cukup. Semoga sedikit informasi yang diberikan di atas dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda yang membutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *