web log free Panduan Lengkap Menjadi Desainer Grafis Handal Dari Nol Sampai Mahir
Breaking News

Sekolah Desain Grafis Di Indonesia Paling Handal

Sekolah Desain Grafis Di Indonesia

Beberapa dekade yang lalu orang –orang mungkin akan bertanya apa yang bisa diharapkan dari sebuah pekerjaan desainer grafis. Bahkan, orangtua pada masa itu pun menganggap bahwa pekerjaan menjadi seorang desainer grafis hanya akan membuang waktu saja dan tidak menghasilkan apa apa. Namun kini, seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, profesi sebagai seorang desainer grafis telah jauh menjadi lebih menjanjikan dari sebelumnya. Ini pun dibuktikan dengan semakin banyaknya bermunculan sekolah desain grafis di Indonesia

Menariknya, profesi menjadi seorang desainer grafis menjadi salah satu profesi yang paling diminati oleh sebagian generasi millenial saat ini. Dengan berbagai jenjang karir yang ditawarkan, membuat profesi desainer grafis praktis menjadi kebutuhan beberapa perusahaan modern saat ini, khususnya berbagai start up yang sedang berkembang. 

Namun, menjadi seorang desainer grafis bukanlah hal yang bisa dilakukan secara instan. Menjadi seorang desainer membutuhkan kreatifitas yang tidak ada batasnya, dan selalu harus up to date. Untuk itu, berikut adalah panduan lengkap menjadi seorang desainer grafis yang handal sekaligus agar meningkatkan kreatifitas. Diantaranya adalah: 

1. Menjadi peka dengan lingkungan sekitar 

Jika Anda berniat untuk menjadi seorang desainer grafis handal, dan ingin mulai mengasah kreatifitas Anda, maka sudah saatnya untuk mulai menjadi peka terhadap lingkungan sekitar. Cobalah untuk melirik apa apa saja yang Anda temukan di sekitar dan jadikan hal tersebut sebagai sebuah inspirasi dalam Anda mendesain nantinya. Tak hanya melihat, tapi Anda juga bisa mengumpulkan berbagai brosur atau poster yang tersebar sebagai bahan referensi untuk setiap desain yang ada. 

2. Belajar dari literatur 

Selain membutuhkan sebuah perasaan dan kreatifitas, dalam mendesain kita pun membutuhkan beberapa landasan teoritis. Belilah beberapa buku yang bisa Anda pelajari dalam hal desain. Jangan hanya satu buku, tapi belilah beberapa buku agar menjadi bahan pertimbangan. Untuk memperkaya ilmu dalam hal desain grafis, maka setidaknya Anda bisa membaca 1 buku baru mengenai desain dalam satu bulan. Sudah siapkah untuk mencoba? 

3. Belajar secara online 

Tak hanya buku, Anda pun bisa membaca dan mencari ilmu tentang desain grafis dari berbagai situs dan blog yang tersedia secara gratis di internet. Apapun sumbernya, bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam ilmu desain grafis. Jangan pernah malu untuk bertanya dan belajar ilmu dari orang lain yang telah lebih dulu berpengalaman. Sama halnya jika Anda mengikuti sekolah desain grafis di Indonesia, maka Anda akan diajarkan oleh orang-orang yang telah berpengalaman dan tak sungkan untuk berbagi ilmu dengan Anda. 

Man editing photos on a computer Free Photo
https://www.freepik.com/free-photo/man-editing-photos-computer_3274176.htm#page=1&query=graphic%20designer&position=37

4. Membuat sebuah blog desain sendiri 

Anda sudah membaca literatur, sudah membaca blog atau website orang lain, maka sekarang saatnya untuk membuat sebuah blog desain milik Anda sendiri. Dengan cara ini, Anda bisa lebih mampu menganalisa setiap pekerjaan yang dilakukan. Apalagi, lewat sebuah blog, orang-orang bisa dengan mudah melihat portofolio kamu. Dan dengan cara ini juga, akan mempermudah Anda untuk ditemukan oleh berbagai perusahaan yang membutuhkan. 

5. Mulai bergabung dengan berbagai komunitas 

Jika Anda lebih memilih menjadi seorang desainer grafis freelance ketimbang harus bekerja dikantor, maka Anda sangat disarankan untuk bergabung dengan beberapa komunitas desain grafis. Dengan begini, Anda akan menjalin koneksi lebih baik dengan para profesional di bidang desain grafis. Tak hanya itu, Anda juga bisa bertukar informasi, mendapatkan kabar terbaru, hingga mendapatkan berbagai proyek pekerjaan dari komunitas tersebut. 

6. Menciptakan sebuah proyek buatan Anda sendiri 

Agar mendapatkan portofolio yang bagus dan menjanjikan, Anda bisa mencoba menciptakan sebuah proyek buatan Anda sendiri dengan cara membangun sebuah merek dagang Anda sendiri untuk dibuatkan sebuah desain logo, desain perusahaan, desain company profile, desain website, dan lain sebagainya untuk semakin mengasah kreatifitas yang Anda miliki. 

7. Rajin mengikuti berbagai seminar 

Jika semua poin poin diatas sudah Anda lakukan, maka langkah selanjutnya Anda bisa mengikuti berbagai program seminar mengenai desain grafis. Disini, selain mendapatkan banyak ilmu baru, Anda juga bisa bertatap muka secara langsung dengan para penggiat desain grafis, berbeda hal nya jika dilakukan secara online. Jadi, disinilah kesempatan Anda untuk melakukan berbagai kesempatan kerja sama. 

Creative web designer planning application and developing template layout. Premium Photo
https://www.freepik.com/premium-photo/creative-web-designer-planning-application-developing-template-layout_4830490.htm

8. Mengikuti sekolah desain grafis 

Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baru dalam hidup Anda. Termasuk jika Anda memutuskan untuk belajar desain grafis. Sekarang ini sudah ada banyak perguruan tinggi ataupun universitas yang memiliki kelas desain grafis baik yang waktu penuh, ataupun paruh waktu. Tak hanya itu, berbagai instansi sekolah desain grafis di Indonesia juga sudah memiliki metode serta kurikulum yang sesuai untuk mengantarkan Anda ke jenjang profesional dan siap untuk berkarya di dunia industri. 

9. Melakukan studi banding 

Referensi desain bisa menjadi berbeda di tiap daerah. Untuk itu, cobalah meluangkan waktu Anda untuk sekedar melakukan perjalanan singkat mendapatkan berbagai jenis bentuk, warna, serta struktur desain baru yang belum pernah ada di lingkungan Anda sebelumnya. Jika Anda memiliki budget berlebih, maka cobalah untuk keluar negeri dan lakukan perbandingan dengan apa yang ada di Indonesia saat ini. Terlihat menarik bukan? 

10. Selalu belajar mengenai hal baru 

Seperti yang telah dibahas diatas sebelumnya, bahwa menjadi seorang desainer grafis yang handal dan profesional tidak bisa dilakukan begitu saja dengan mudah. Anda pun dituntut untuk selalu belajar, belajar, dan belajar setiap hal yang baru untuk menunjang kreatifitas Anda. Seorang desainer grafis dituntut untuk selalu mampu memberikan apa yang terbaru dan terbaik untuk setiap klien yang dimiliki. 

Sebagai tambahan, Anda sangat disarankan untuk selalu membawa sebuah buku sketsa kemanapun Anda pergi. Hal ini bertujuan untuk mengasah kreatifitas Anda dimanapun berada. Sebagai contoh, jika Anda menemukan hal baru di jalan, dan itu cukup menarik bagi Anda, maka dengan segera cobalah untuk menggambarkannya di buku sketsa Anda. 

Satu hal menarik, jika Anda sudah memiliki banyak sketsa di buku Anda, maka Anda pun bisa menggabungkan berbagai desain sketsa tersebut menjadi sebuah desain baru yang cukup menarik, dan memiliki nilai jual yang tinggi. 

Kesimpulan 

Demikianlah artikel singkat mengenai panduan lengkap menjadi seorang desainer grafis yang handal di Indonesia. Menjadi seorang desainer grafis memang menjadi pilihan yang cukup menarik bagi generasi milenial saat ini. Namun, ada begitu banyak juga yang gagal untuk mewujudkan hal tersebut. Sehingga untuk memenangkan persaingan, Anda harus mampu terus berkarya dalam kreatifitas tanpa batas. 

Artikel diatas bisa menjadi panduan Anda untuk menjadi seorang desain grafis yang handal. Namun yang harus diperhatikan adalah bahwa menjadi kreatif itu harus datang dari dalam diri Anda sendiri terlebih dahulu, baru kemudian diasah menjadi lebih profesional 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *