web log free Ketahui Penyakit Leptospirosis yang Sering Menyerang Anjing! - 2019
Breaking News

Ketahui Penyakit Leptospirosis yang Sering Menyerang Anjing!

penyakit leptospirosis

Salah satu penyakit yang kerap menyerang anjing adalah penyakit leptospirosis. Yang mana penyakit ini sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh suatu bakteri yang Bernama Leptospira. Bentuk penyebarannya sendiri, bisa melalui darah hewan yang sudah terinfeksi, dan juga melalui urine. 

Dengan artian leptospirosis ini sendiri bisa menyebar melalui tanah atau air yang sudah terkontaminasi oleh urine hewan pembawa bakteri Leptospira. Salah satu hewan yang sering menjadi penyebar bakteri ini adalah hewan pengerat seperti halnya tikus. 

penyakit leptospirosis
penyakit leptospirosis

Gejala terkena leptospirosis

Anjing yang terkena penyakit leptospirosis ini biasanya menunjukan gejala awal yang diantaranya adalah sebagai berikut:  

  1. Mata memerah
  2. Hidung berair
  3. Sering batuk
  4. Muntah-muntah
  5. Diare
  6. Terlihat seperti depresi
  7. Nampak kehilangan nafsu makan
  8. Sakit pada area otot dan enggan untuk bergerak
  9. Terlihat lemah tidak seperti biasanya. 

Namun pada beberapa kasus banyak ditemukan bahwa, gejala leptospirosis ini sering muncul dalam 2 sampai 4 minggu setelah anjing terpapar bakteri Leptospira ini. 

Penanganan tepat leptospirosis pada anjing

Bila anjing peliharaan Anda sudah dipastikan terkena atau sudah terpapar penyakit leptospirosis ini, maka berikut ada beberapa penanganan yang tepat untuk bisa Anda lakukan.

  1. Bawa anjing peliharaan Anda tersebut ke dokter hewan apabila sudah muntah lebih dari sekali dalam satu hari. Atau bila ditemukan anjing peliharaan Anda juga terlihat kurang bernafsu makan dan juga demam, juga harus segera dibawa ke dokter hewan. Sebab hal tersebut sejatinya merupakan sebuah pertanda bahwa hewan peliharaan Anda tersebut, sedang menderita sebuah penyakit yang sudah menyerang tubuhnya. 
  2. Setelah dibawa ke dokter hewan, anjing peliharaan Anda tersebut akan diberikan sebuah antibiotik khusus yang bisa mengatasi bakteri Leptospira ini. Dan biasanya juga dokter hewan akan memberikan obat anti muntah kepada anjing peliharaan Anda tersebut. 
  3. Bila anjing peliharaan Anda terlihat sudah mengalami dehidrasi, biasanya akan diberikan sebuah tindakan pemberian infus oleh dokter hewan. 
  4. Terakhir, pemberian makanan basah khusus anjing bisa dilakukan agar anjing bisa mencerna dengan baik. Pemberian makanan anjing dari Royal Canin bisa menjadi salah satu yang direkomendasikan.
  5. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *