web log free 7 Cara Mudah Membedakan Perhiasan Berlian Asli dan Palsu
Breaking News

7 Cara Mudah Membedakan Perhiasan Berlian Asli dan Palsu

perhiasan berlian asli

Berlian merupakan salah satu batu mulia bernilai tinggi yang sering disematkan pada perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, anting, dan lain sebagainya. Tidak bisa dipungkiri bahwa perhiasan dengan berlian memang tampak lebih indah dan elegan sehingga banyak yang menyukainya. Namun sayangnya karena harganya yang tinggi, perhiasan jenis ini banyak direplika atau dipalsukan. Anda yang masih pemula harus berhati-hati karena bisa saja perhiasan berlian yang dibeli merupakan perhiasan palsu. Oleh sebab itu, penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara membedakan antara perhiasan berlian asli dan palsu sebelum membeli.

Sebenarnya cara membedakan perhiasan berlian yang asli dan palsu tidaklah terlalu sulit. Langsung saja, berikut ini adalah 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk membedakannya:

perhiasan berlian asli
perhiasan berlian asli

Gunakan Loupe untuk Mengamati Berlian

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengamati berlian menggunakan loupe. Loupe sendiri merupakan alat sejenis kaca pembesar yang biasa digunakan untuk mengamati batu mulia seperti berlian. Gunakan alat ini untuk mengamati bagian tepi berlian. Pada umumnya, berlian asli memiliki tepi yang tajam, sedangkan berlian palsu memiliki tepi atau ujung yang bulat.

Lakukan Tes Embun

Cara mudah membedakan perhiasan berlian asli dan palsu selanjutnya yaitu dengan melakukan tes embun. Tes ini juga sering disebut dengan fog test. Cara melakukannya yaitu dengan meletakkan berlian di depan mulut Anda, lalu hembuskan nafas ke arah berlian seperti ketika Anda menghembuskan nafas ke cermin. Embun yang tercipta dari hembusan nafas tersebut akan sangat cepat hilang pada berlian asli, sedangkan pada berlian palsu akan bertahan selama beberapa detik.

Tes dengan Lampu Blacklight

Letakkan perhiasan berlian Anda di bawah blacklight atau juga bisa di bawah sinar ultraviolet. Cara ini akan membuat fluoresens dalam berlian berubah menjadi warna biru. Tetapi perlu Anda perhatikan bahwa tampilan cahaya tersebut akan terjadi pada sepertiga bagiannya saja. Sedangkan berlian palsu tidak akan pernah menampilkan warna biru di bawah ultraviolet atau blacklight.

Gosok dengan Ampelas

Mungkin banyak dari Anda yang merasa khawatir jika mengecek keaslian berlian dengan menggosoknya menggunakan amplas. Namun perlu Anda ketahui bahwa berlian asli tidak akan tergores meskipun digosok dengan amplas. Apabila berlian Anda tergores maka berlian tersebut kemungkinan besar adalah palsu.

Perhatikan Bayangan Berlian

Perhiasan dengan berlian asli memiliki pantulan warna abu-abu dan putih saja. Cara melihat pantulan berlian ini yaitu dengan mengamati berlian dari posisi atas secara lurus. Apabila warna pantulan yang dihasilkan adalah pelangi maka berlian tersebut memiliki kualitas rendah atau bahkan palsu.

Letakkan Berlian di Atas Koran atau Buku

Berlian asli memiliki struktur yang membuat cahaya tidak bisa masuk. Jadi ketika Anda meletakkan buku atau koran di bawah berlian maka tulisan pada buku atau koran tersebut tidak akan terbaca sama sekali. Apabila Anda bisa melihat bahkan membaca tulisan pada buku atau koran melalui berlian maka kemungkinan besar barang tersebut palsu.

Cek Sertifikat yang Dimiliki

Cara membedakan perhiasan dengan berlian asli dan palsu yang paling mudah adalah dengan melihat sertifikat yang dimiliki perhiasan. Berlian asli berukuran di atas 0,3 carat dilengkapi sertifikat dari lembaga ternama seperti GIA (Gemological Institute of America), EGL (European Gemological Laboratory), IGI (International Gemological Institute), dan lain sebagainya.

Itulah 7 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membedakan perhiasan berlian asli dengan yang palsu. Bagi pemula, membedakan yang asli dan palsu memang masih sulit. Namun dengan cara di atas maka Anda bisa meminimalisir penipuan karena membeli perhiasan berlian palsu. Harga perhiasan berlian pada umumnya sangat tinggi sehingga sangat disayangkan apabila Anda tertipu dengan yang palsu. Semoga informasi yang diberikan di atas dapat membantu Anda mendapatkan perhiasan dengan berlian asli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *