web log free Pilihan Tepat Tabungan Online Untuk Generasi Milenial
Breaking News

Pilihan Tepat Tabungan Online Untuk Generasi Milenial

Tabungan Online

Sebagai milenial, Anda pilih tabungan online atau tabungan bank? Jika Anda masih bingung memilih salah satunya, maka jangan beranjak ya! Sebagai kaum milenial, sudah seharusnya Anda melek berbagai hal, khususnya soal pengaturan keuangan. Jangan hanya main games saja, Anda ‘pun mesti memperhatikan pengaturan keuangan agar masa depan Anda lebih gemilang.

Beberapa tahun kebelakang, saat kita ingin menabung, maka kita mesti pergi ke bank agar bisa mendapatkan rekening tabungan. Namun hari ini, ada opsi tabungan lain yaitu tabungan online. Sesuai namanya, tabungan berbasiskan online ini tidak lagi menggunakan cara konvensional seperti pergi ke bank atau ATM ketika ingin melakukan transaksi. 

Ya, Anda hanya perlu mengakses aplikasi tabungan di smartphone atau laptop agar bisa melakukan transaksi. Banyak orang bilang bahwa millenial memang paling cocok menggunakan tabungan sistem online. Benarkan hal tersebut? Lanjut ke bawah ini ya!

  • Suku Bunga, Lebih Tinggi Tabungan Online atau Tabungan Bank?

Saat Anda menabung, maka otomatis uang masuk ke kas lembaga keuangan, atau dalam hal ini bank. Tentu dengan disetorkannya sejumlah uang, bank mendapatkan tambahan modal untuk investasi. Nah sebagai nasabah, Anda ‘pun berhak mendapatkan suku bunga atau keuntungan dalam presentase tertentu. Semakin sering atau semakin banyak uang yang ditabungkan, maka semakin besar suku bunga yang didapatkan. 

Kira-kira jika dibandingkan, lebih besar tabungan online atau tabungan bank dalam hal suku bunga? Sudah jelas bahwa jawabannya yaitu lebih besar tabungan online! Ya betul sekali, tabungan berbasiskan online ini pada umumnya diprakarsai oleh fintech (financial technology) yang memang lebih jor-joran dalam meningkatkan suku bunga. Suku bunga dalam tabungan bank biasanya kurang dari 1% pertahunnya. 

Namun suku bunga dalam rekening online biasanya lebih dari 1% pertahunnya. Jadi bagi millenial yang terbiasa menabung dalam jumlah banyak, Anda bisa meraup suku bunga yang tinggi setiap tahunnya jika menggunakan rekening online. 

  • Pengisian Saldo

Saat Anda ingin mengisi saldo tabungan, maka Anda mesti menyetor sejumlah uang pada pihak bank. Nah terkait pengisian saldo ini, kira-kira lebih bagus tabungan berbasiskan online atau tabungan konvensional? Tentu jika dilihat dari sisi kenyamanan, tabungan bank lebih unggul daripada tabungan online. Mengapa? 

Misalnya ketika Anda ingin menabung uang cash sebanyak 5 juta, maka Anda tinggal menemui teller bank atau pergi ke ATM. Beda cerita jika Anda ingin menabung uang cash lewat tabungan online, maka ada beberapa step yang mesti dilalui, khususnya terkait pencantuman dokumentasi di aplikasi. 

Selain itu jika ada masalah terkait akun tabungan, maka Anda tinggal menemui teller bank dan masalah ‘pun selesai. Beda cerita lagi jika masalah terjadi pada rekening online, maka untuk mengatasinya lumayan ribet. 

  • Biaya Administrasi Bulanan

Bagi millenial, rasa-rasanya uang 10 ribu juga lumayan berharga, bisa buat beli pulsa atau cemilan. Nah jika Anda menabung di bank, maka ada biaya administrasi bulanan, yang nominalnya sekitar 10 ribu hingga 20 ribu rupiah. Semakin banyak saldonya, maka semakin besar biaya administrasi bulanannya. Karena alasan biaya administrasi bulanan ini, berbondong-bondong millenial hijrah ke tabungan online. Ya, beda dengan tabungan di bank, tabungan berbasiskan online ini pada umumnya tidak membebani nasabah dengan biaya administrasi bulanan. 

Jadi enggak ada tuh yang namanya pengurangan saldo otomatis setiap bulannya. Manfaat dengan tidak adanya biaya administrasi bulanan lainnya yaitu Anda bisa meningkatkan saldo tabungan lebih cepat. Jadi bagi Anda para millenial yang bete karena tiba-tiba saldo berkurang, maka segeralah beralih ke rekening online. 

  • Aksesibilitas

Terkadang, ada momen-momen urgent yang membuat kita mesti melakukan transaksi uang. Misalnya orang tua di kampung halaman butuh uang, maka Anda mesti mentransfer sejumlah uang. Jika Anda pakai tabungan bank, maka Anda mesti pergi ke bank atau ATM untuk transfer. Kalau jaraknya lumayan jauh, tentu lumayan menguras tenaga dan waktu bukan? Nah keribetan tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan aplikasi tabungan online. Ya, Anda tinggal mengakses aplikasi tabungan online di smartphone, agar bisa melakukan transaksi dengan cepat dan mudah. 

Tips Memilih Tabungan Online Terpercaya

Bagi millenial, sebaiknya agak selektif ketika memilih produk tabungan berbasiskan online. Ya, hari ini ada banyak sekali bank dan lembaga keuangan non-bank yang menyediakan produk tabungan online. Namun saking banyaknya, agak susah memilih tabungan online terpercaya. Jangan khawatir, coba deh cek beberapa tips berikut ini!

  • Ketahui Dulu Kredibilitas Bank atau Lembaga Keungan Non-bank

Sebelum Anda fix menggunakan produk tabungan online, pastikan Anda mengetahui kredibilitas penyedia produk rekening online tersebut. Coba deh browsing dulu di internet mengenai bank atau lembaga keuangan non-bank yang menyediakan produk tabungan online. Coba cek bagaimana sistemnya, track record-nya, dan juga layanan-layanan didalamnya.

  • Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda

Setiap aplikasi tabungan online pada dasarnya menyediakan fitur-fitur standar seperti pengisian saldo, transfer, cek saldo, mutasi rekening, dan lainnya. Namun terdapat juga fitur-fitur lain seperti penentuan biaya kesehatan, biaya pendidikan, beli pulsa/kuota, dan lainnya. Nah sebagai millenial, coba deh cek dulu beberapa fitur tersebut, pastikan sesuaikan dengan kebutuhan dan lifestyle Anda. 

  • Perhatikan Sistem Keamanan Ponsel Anda

Nah jika Anda sudah fix dengan aplikasi tabungan online, maka jangan langsung diunduh. Coba deh ingat-ingat, apakah smartphone milik Anda pernah diretas atau tidak, atau justru memang sedang diretas? Akan sangat berbahaya jika Anda menggunakan aplikasi tabungan online sedang smartphone sedang diretas. 

Cara Buka Rekening Tabungan Online

Saat buka rekening di bank, Anda mesti mengantri cukup lama hanya untuk mendapatkan rekening tabungan. Beda cerita jika Anda buka rekening tabungan online, Anda tak perlu mengantri dengan siapapun. Selain itu Anda bisa membuka rekening tabungan dimanapun dan kapanpun. Prosesnya, sangat mudah, coba cek langkah-langkahnya di bawah ini!

  • Pertama, Anda bisa masuk ke situs bank atau lembaga keungan non-bank yang menyediakan aplikasi tabungan online.
  • Anda ‘pun bisa langsung mencari aplikasi rekening tabungan online langsung lewat Playstore. 
  • Nah setelah diunduh dan di-install, maka Anda tinggal mengikuti prosedur yang diminta dalam aplikasi. Beberapa syarat yang umumnya mesti diunggah yaitu foto diri serta tanda tangan di atas kertas, KTP, dan NPWP. 

Nah itulah perbandingan antara tabungan online vs tabungan bank, jadi Anda mau pilih yang mana? Seperti yang Anda baca di atas, untuk millenial memang opsi tabungan online lebih cocok dibanding tabungan bank. Namun semua itu kembali pada keputusan Anda, kira mana yang paling bisa memenuhi kebutuhan Anda. Jika Anda ingin menginginkan fleksibilitas, aksesibilitas, kecepatan, maka rekening online memang paling cocok untuk Anda. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *