Breaking News

Pertimbangkan hal ini Sebelum Membuat kartu kredit

pembuatan kartu kredit

Kartu kredit sebagai alat bantu pembayaran saat ini sudah banyak digunakan di masyarakat. Kemudahan dalam bertransaksi atau pun penawaran berbagai potongan harga yang tersedia menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menggunakan kartu kredit. Apalagi proses pengajuan pembuatan kartu kredit mudah dilakukan. 

Kartu kredit sangat bermanfaat terutama untuk saat-saat darurat. Seperti saat Anda harus membayar tagihan dengan nominal yang cukup besar tetapi Anda tidak membawa uang tunai. Anda dapat membayarnya menggunakan kartu kredit. Akan tetapi tahukah Anda bahwa sebelum memutuskan untuk melakukan pembuatan kartu kredit, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan? 

pembuatan kartu kredit
pembuatan kartu kredit

Sebelum membuat kartu kredit sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Biaya kartu kredit

Sebelum memutuskan membuat kartu kredit di sebuah bank, Anda harus memastikan persentase bunga tahunan yang harus Anda bayar. Selain itu, besar biaya administrasi serta denda keterlambatan juga perlu Anda perhatikan. Jangan sampai biaya yang ada pada kartu kredit yang telah Anda buat membebani Anda.

2. Fasilitas 

Setiap kartu kredit memiliki fasilitas masing-masing. Fasilitas tersebut dapat berupa penawaran potongan harga, limit penggunaan, biaya tahunan, dan sebagainya. Fasilitas-fasilitas yang tersedia bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk memilih kartu kredit yang akan Anda buat.

3. Kebijaksanaan pribadi

Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah Anda dapat mengontrol keuangan setelah mempunyai kartu kredit? Hal ini dikarenakan ketika Anda memiliki kartu kredit berarti Anda harus siap lahir dan batin. Kartu kredit merupakan hutang, bukan penghasilan. Jadi pastikan Anda bijak dalam memakai kartu kredit. Anda tidak boleh konsumtif atau tergiur dengan penawaran diskon yang tersedia. Tentukan prioritas saat akan menggunakannya.

4. Kondisi keuangan

Untuk mendapat persetujuan pihak bank penerbit, pastikan riwayat keuangan Anda aman. Pihak bank penerbit akan memeriksa dengan detail riwayat keuangan Anda. Jika Anda memiliki kredit macet maka akan sulit bagi Anda untuk melakukan pengajuan kartu kredit. Karena ketika Anda memiliki kartu kredit, Anda harus selalu melakukan pembayaran tagihan pinjaman tepat waktu dan lancar. 

Kondisi keuangan yang aman dapat membuat permohonan pengajuan kartu kredit disetujui bank penerbit.

5. Pilih kartu kredit yang sesuai

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, pilihlah kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhatikan masalah kebijakan pembayaran serta limit penggunaan kartu. Keuntungan dan akses luas yang ditawarkan oleh suatu kartu kredit juga harus diperhatikan. 

Anda dapat menghubungi customer service bank penerbit untuk menanyakan segala hal dari penerbitan kartu kredit tersebut. Selain itu, pilihlan bank penerbit yang memiliki persyaratan pengajuan kartu kredit mudah serta sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Meskipun ada beberapa bank penerbit yang menyediakan layanan pembuatan kartu kredit mudah, namun perlu dipertimbangkan beberapa hal di atas. Selain itu, perlu diingat bahwa Anda harus bijak dalam pemakaian kartu kredit. Kartu kredit memang akan mempermudah transaksi yang Anda lakukan. Namun jangan sampai membuat Anda boros dan membebani kondisi keuangan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *